Senin, November 29, 2021

Beranda Bolmong Perdana, BPS Bolmong Laksanakan Survei Pertanian Terintegrasi Tahun 2021

Perdana, BPS Bolmong Laksanakan Survei Pertanian Terintegrasi Tahun 2021

KLIKBMR BOLSEL– Badan Pusat Statistik (BPS) Bolaang Mongondow melaksanakan Pelatihan Petugas Pencacahan Lapangan (PCL) dan Petugas Pemeriksa Lapangan (PML) Survei Pertanian Terintegrasi (Sitasi) tahun 2021 Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) bertempat di ruangan meeting Pinalang lantai II Sutan Raja Kotamobagu, Senin (13 /09/2021).

Survei Pertanian Terintegrasi 2021 (Sitasi) dilaksanakan di 34 Provinsi di Indonesia. SITASI/AGRIS merupakan program survei terpadu yang digunakan sebagai dasar terciptanya sistem statistik pertanian yang efisien dalam rangka mempercepat perbaikan kualitas data pertanian. SITASI2021 diharapkan mampu menyediakan data-data pokok pertanian atau Minimum Set Core Data (MSCD) dan juga menyediakan data dasar untuk beberapa indikator Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (TPB/SDGs) berdasarkan basis data unit usaha pertanian.

Kegiatan tersebut dibuka langsung Kepala Badan Pusat Statistik Janny Eduard Maliangkay, SE Melalui Kasubag Umum BPS Kab. Bolaang Mongondow Ariesta Rosa Belawan, SST didampingi  Zepri ageng pamuji, SSi Koordinator Fungsi Statistik Distribusi dan Weny Fitrah Anwari, S.Tr, Stat sebagai Staf Koordinator Fungsi Statistik Produksi sekaligus Instruktur Daerah.

Dalam sambutannya melalui Kasubag Umum BPS Ariesta Rosa Belawan, SST menyampaikan, tujuan Sitasi yakni untuk mendapatkan informasi mengenai keadaan pertanian, ekonomi, sosio demografi.

“Pertanian Terintegrasi (SITASI) memiliki tujuan untuk mendapatkan informasi mengenai karakteristik unit usaha pertanian, pendapatan dari kegiatan pertanian selama setahun yang lalu, serta Aset Survei Pertanian Terintegrasi (SITASI) memiliki tujuan untuk mendapatkan informasi mengenai mesin dan Peralatan yang digunakan oleh unit usaha pertanian, bangunan bukan tempat tinggal yang digunakan oleh unit usaha pertanian, dan aset yang dimiliki oleh rumah tangga usaha pertanian,” jelasnya.

Ariesta juga menghimbau kepada para peserta agar benar-benar mengikuti pelatihan sehingga ilmu yang didapat selama pelitihan dapat menerapkannya dilapangan.

“Keberhasilan pelaksanaan survei ini sangat membutuhkan dukungan, kolaborasi, dan komitmen kuat dari semua tim pelaksana, baik penanggungjawab kegiatan di pusat, provinsi, maupun kabupaten/kota agar melaksanakan tugas secara profesional, integritas, dan amanah. Akhirnya, terima kasih atas kontribusi semua pihak bagi suksesnya pelaksanaan Survei Pertanian Terintegrasi Tahun 2021,” Tutupnya.

Sementara itu, Koordinator Fungsi Distribusi BPS Zepri ageng pamuji, SSI menjelaskan , peltihan Sitasi dibagi menjadi 2 yakni Kabupaten Bolaang Mongondow secara Online dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan secara Offline atau tatap muka.

“Pelatihan SITASI Tahun 2021 untuk petugas dari Kabupaten Bolaang Mongondow akan dilaksanakan pada 13 – 15 September 2021 secara online dan petugas dari Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan akan dilaksanakan pada 13 – 15 September 2021 secara offline di Hotel Sutanraja Kota Kotamobagu dengan mekanisme check in hotel setelah jam 12.00 WITA pada tanggal 13 September 2021 dan check out hotel sebelum jam 12.00 WITA pada tanggal 15 September 2021 serta kagiatan ini tetap menerapkan Prokes Covid 19,” jelasnya. (Rz/**)

Petugas Sitasi 2021 sebanyak 60 Orang.

Brtikut Nama-nama Petugas Sitasi 2021 :

Amarlia Putri Gari

Rahmadi

Steven Monintja

Ulung Rimba

Ardi Tuuk

Linda L Lumingkewas

Saprudin Mokoagow

Hadijah Nurhamidin

Halima Hasan

Almijan Mokodompit

Fatimah Dilapanga

Nurwahyuni Dilapanga

Rita Syuli Kussoy

Frits Pandelaki

Rudolfo Mokoagow

Alwe Masengi

Feykli Akab

Handia Pobela

Hajija Simbala

Iswandri Adampe

Wahyu April Yanto

Aninditya Yuniar

Friska Mokoagow

Boe Paputungan

Yusuf Darise

Wana Ginoga

Andika Mokoginta

Adri Runtunuwu

Prabowo Mokoginta

Yuningsih Simbala

Gian Setiawan Van Gobel

Sulasmi Mokodompit

Sriandari Mokodompit

Alvian Lombogia

Risdianto Bonok

Fany Podomi

Erliy Manoppo

Josias Pontoh

Meliati Mamonto

Zulkarnain Ododai

Weny Fitrah Anwari

Sofyan Ano

Wilna Aliu

Iskandar Dali

Burhanuddin Potabuga

Sumarto Paputungan

Febry Ashari

Fatma Botutihe

Novri Hunou

Muhmud Ruhban

Iswanto Dali

Moh. Rifai Gomba

Asril Tuadingo

Frangki Laselo

Tania Mokoagow

Hardiansah Mokoagow

Anton Abdullah

Rida Ismail

Muhammat Kosim

Djabir Laode

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments

Hijram mokodompit on Aksi Bela Bupati Bolmong
Yossy s manoppo on Besok PT. Conch di-Police Line