Rabu, Juli 28, 2021

Beranda Advertorial Ketua DPRD Bolsel Pimpin Rapat Paripurna Penetapan Ranperda Atas Pertanggungjawaban APBD 2020

Ketua DPRD Bolsel Pimpin Rapat Paripurna Penetapan Ranperda Atas Pertanggungjawaban APBD 2020

KLIKBMR BOLSEL– Meski dalam kondisi pandemi covid-19, tak mengubah tugas dan fungsi Pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel).

Kali ini, DPRD Kabupaten Bolsel, Jumat, (04/06), menggelar Rapat Paripurna Pembicaraan tingkat 2 penetapan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2020.

Rapat yang digelar di Ruang Paripurna DPRD Bolsel tersebut dipimpin langsung Ketua DPRD Ir. Arifin Olii yang didampingi Wakil Ketua 1 Salman Mokoagow dan Wakil Ketua 2 Hartina S Badu serta dihadiri 14 Anggota DPRD lainya.

Sementara dari pihak Eksekutif, dihadiri Bupati Hi. Iskandar Kamaru, S.Pt dan Wakil Bupati Deddy Abudl Hamid.

Setelah membuka sidang, Ketua DPRD Arifin Olii menyammpaikan ucapan selamat kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Bolsel atas keberhasilan meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang ke 7 kalinya dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI).

“Atas nama lembaga DPRD mengucapkan selamat kepada Pemda Bolsel atas keberhasilan meraih WTP yang ke 7 kalinya secara berturut-turut, tentu ini adalah hasil kerja keras kita semua dari Eksekutif maupun Legislatif,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Juru Bicara Badan Anggaran (Banggar) DPRD Zulkarnain Kamaru, S.Ag saat memberikan laporan Banggar pada forum sidang tersebut menyampaikan, beberapa hal penting yang menjadi catatan Banggar.

“Dalam konteks Government, penyampaian pertanggungjawaban pelaksanaan APBD merupakan salah satu upaya kongkrit mewujudkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah yang memenuhi prinsip-prinsip tepat waktu dan kejujuran,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Zulkarnain juga menyampaikan rekomendasi Banggar DPRD kepada Pemerintah Daerah.

“Yang pertama Banggar merekomendasikan kepada Pemda agar segera menindak lanjuti Pemeriksaan baik dari BPK RI maupun DPRD Bolsel dengan mempertimbangkan komiten waktu yang sudah menjadi perhatian kita bersama,” jelasnya

“Banggar juga merekomendasikan kepada Pemda agar memperkuat aspek pengawasan secara internal mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga sampai pada pertanggungjawaban pelaksanaan pendampingan Inspektorat dan tidak mentoleransi pelanggaran dalam bentuk apapun,” sambungnya

Setelah mendengarkan Laporan Banggar DPRD, rapat kemudian dilanjutkan dengan mendengarkan panyampaian Fraksi-fraksi DPRD yakni Fraksi Trisakti PDI Perjuangan, Gerakan Golkar, dan Restorasi yang pada intinya menerima Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksaan APBD tahun anggaran 2020 untuk ditetapkan. (Advetorial)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments

Hijram mokodompit on Aksi Bela Bupati Bolmong
Yossy s manoppo on Besok PT. Conch di-Police Line