Rabu, Juli 28, 2021

Beranda Advertorial Bupati Bolsel: Pancasila Sebagai Solusi dari berbagai Persoalan

Bupati Bolsel: Pancasila Sebagai Solusi dari berbagai Persoalan

KLIKBMR BOLSEL– Bupati Hi. Iskandar Kamaru SPt bersama Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid didampingi Sekda Marzanzius A. Ohy SSTP bersama jajaran pimpinan perangkat daerah mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tingkat Nasional. Selasa, (01/06/21).

Acara yang digelar secara virtual tersebut, Bupati dan wakil Bupati serta peserta upacara terlihat mengenakan pakaian adat. Hal itu dilakukan pemerintah untuk mempererat persatuan dan kesatuan di hari lahir pancasila.

Upacara ini dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi dan dihadiri oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo dan Ketua DPR Puan Maharani.

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi berharap momentum peringatan Hari Lahir Pancasila dimanfaatkan bangsa Indonesia untuk mengukuhkan nilai-nilai Pancasila. Ia juga meminta semua pihak agar tetap waspada terkait rivalitas antar nilai dan ideologi, termasuk soal meningkatnya ideologi transnasional di era disrupsi teknologi ini.

Meskipun Pancasila sudah menyatu dalam kehidupan masyarakat, akan tetapi tantangan dari hari ke hari dianggapnya tidak semakin ringan.

“Globalisasi dan interaksi antar belahan dunia tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan, yang harus kita waspadai adalah meningkatnya rivalitas dan kompetisi, termasuk rivalitas antar pandangan, rivalitas antar nilai-nilai dan rivalitas antar ideologi,” kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga menilai kalau pendalaman nilai-nilai Pancasila tidak bisa dilakukan dengan cara yang biasa. Menurutnya mesti ada cara-cara anyar supaya pendalaman terhadap nilai Pancasila bisa dilakukan sesuai dengan perkembangan zaman.

“Memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama revolusi industri 4.0 dan sekaligus Pancasila harus menjadi fondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkeindonesiaan,” imbuhnya

Sementara itu, Bupati Isakandar Kamaru mengajak kita semua di hari pancasila ini untuk memaknai pancasila sebagai pemersatu bangsa dan sebagai solusi pemecah masalah.

“Hari ini kita sama-sama melaksanakan upacara hari lahir pancasila walaupun secara virtual, mari kita maknai pancasila ini sebagai pemersatu bangsa, pancasila sebagai solusi dari setiap permasalahan baik permasalahan antar suku golongan ras dan sebagainya, Mari kita jadikan pancasila ini sebagai falsafah kita untuk kita pedomani,” jelasnya. (Rz/**)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments

Hijram mokodompit on Aksi Bela Bupati Bolmong
Yossy s manoppo on Besok PT. Conch di-Police Line