Senin, November 29, 2021

Beranda Bolsel Terima Vaksin, Ma'ruf Amin: Hukumnya Fardhu Kifayah

Terima Vaksin, Ma’ruf Amin: Hukumnya Fardhu Kifayah

KLIKBMR– Wakil Presiden Ma’ruf Amin menegaskan vaksinasi corona bersifat wajib bagi seluruh rakyat Indonesia. Bahkan menurut pandangan agama, Ma’ruf mengatakan, vaksinasi hukumnya fardu kifayah.

Hal itu disampaikan Ma’ruf setelah menerima suntikan dosis pertama vaksin corona buatan Sinovac, CoronaVac, di Pendopo Kediaman Resmi Wapres, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat. Rabu, (17/02/21) pagi.

“Kalau menurut pandangan agama kita ini fardu kifayah, wajib untuk melakukan vaksin itu karena ini dalam rangka bahasa kiainya itu alithiraj annilwaba, menjaga daripada penyakit itu hukumnya wajib,” ujar Ma’ruf

Menurutnya, vaksinasi hukumnya wajib hingga terciptanya kekebalan komunitas atau herd immunity.

“Wajibnya sampai kapan? Sampai nanti tercapainya herd immunity itu, sampai 70 persen tervaksin baru gugur kewajibannya,” sambungnya.

Bila tujuan herd immunity belum tercapai namun banyak masyarakat yang enggan untuk menerima vaksin, Ma’ruf menyebut mereka sebagai orang yang berdosa.

Namun, kata Ma’ruf, hukum itu dikecualikan bagi mereka yang memang tergolong tidak direkomendasikan menerima vaksin.

“Kalau belum tercapai itu dia belum hilang kewajibannya, kalau dia tidak melaksanakan itu berdosa, bagi dia yang tidak bermasalah untuk divaksin kecuali yang memang ada sesuatu yang tidak boleh divaksin,” ucap Ma’ruf.

Oleh karena itu, ia mengajak seluruh rakyat Indonesia secara sukarela disuntik vaksin, mengingat pandemi corona belum diketahui berakhir sampai kapan. Ma’ruf menegaskan vaksin corona aman dan dapat memunculkan kekebalan komunitas terhadap ancaman corona.

“Saya ajak semua mari kita ikut melaksanakan vaksinasi, karena ini diharapkan untuk bisa supaya seluruh masyarakat Indonesia mengalami kekebalan terhadap COVID ini karena kita belum tahu COVID ini sampai kapan,” ungkap Ma’ruf. (Rz/**)

Sumber: Kumparan.com

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments

Hijram mokodompit on Aksi Bela Bupati Bolmong
Yossy s manoppo on Besok PT. Conch di-Police Line