Kamis, Oktober 21, 2021

Beranda Bolmong Aksi Bela Bupati Bolmong

Aksi Bela Bupati Bolmong

Tolak Kriminalisasi, Yasti Harga Mati, Yasti Harga Diri Masyarakat Bolmong

Aksi Bela Bupati BolmongKLIKBMR BOLMONG—Aksi Bela Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow oleh Sejumlah Warga yang bergabung dalam aski solidaritas warga Bolmong, Senin (31/07) Siang tadi.

Aksi damai itu dilaksanakan di dua titik. Yakni, Pertigaan Kaiya dan Jalur dua Pintu Gerbang Kantor Bupati.

Koordinator Lapangan (Korlap) Hamri Mokoagow saat melakukan orasinya di Depan Pintu Gerbang Kantor Bupati menyampaikan, bagi rakyat Bolmong, Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow merupakan pemangku adat tertinggi dengan gelar ‘Ki Sunungkudan’. Atas kedudukan tersebut, bagi rakyat Bolmong sangat menjaga kedudukan bupati selama masih dalam koridor memperjuangkan hak rakyat.Aksi Bela Bupati Bolmong

“Sebuah kewajiban dan harga mati. Bagi rakyat Bolmong membela kedaulatan Bupati merupakan bagian dari mempertahankan identitas dan jatidiri Daerah. Sehingga pihak manapun yang coba mencoreng tersebut berarti sama saja merendahkan kedudukan dan identitas Bolmong sebagai sebuah bangsa,” Koar Hamri.

Rakyat Bolmong sangat terpukul dengan ditetapkannya Yasti Soepredjo Mokoagow sebagai tersangka dalam kasus pengerusakan PT Conch. setelah Polda Sulut melakukan gelar perkara pada 25 Juli lalu. Bupati sebagai representasi dari Pemerintah, sejatinya hadir untuk memberikan jaminan kesejahteraan kepada rakyatnya. Penegakan aturan di Daerah kepada perusahaan asing yang secara ilegal melakukan aktivitas di Bolmong adalah kewajiban, sebab upaya tersebut semata-mata memperjuangkan hak rakyat dan kepentingan Daerah.

“Apa yang terjadi pada PT Conch, bukanlah pengerusakan seperti apa yamg disangkakan. Akan tetapai penertiban bangunan yang tidak berizin. Setelah sebelumnya beberapa waktu lalu Pemda meminta surat izin IUP, WIUP yany tidak pernah mampu dipenuhi perusahaan,” kata Hamri.

Lanjutnya, masyarakat juga berharap kepada aparat kepolisian jangan terlalu mudah menetapkan pejabat publik yang membela kepentingan rakyat menjadi tersangka. Karena nanti aparat penegak hukum bisa dianggap hanya membela kepentingan pemilik modal meski mereka telah melanggar aturan. Pihaknya meminta aparat berwenang diharapkan bersikap fair dan adil dalam menangani kasus ini.

“Kami mengecam seluruh pihak yang menggunakan cara apapun dengan merekayasa konflik sebagai alat politik dari ambisi merebut kekuasaan. Karena rakyat Bolmong tidak mau menjadi pewaris konflik dan dendam, maka mari kita jaga persatuan dan kesatuan bangsa, dan rakyat agar tidak di adu domba dan di pecah bela dengan isu apapun,” harap Mokoagow dalam orasinya.

Ditambahkannya, bagi rakyat Bolmong, musuh rakyat hari ini adalah mereka yang mengadu domba rakyat, menciptakan konflik horisontal, menyebarkan fitnah dan kebencian serta menghalalkan segala cara untuk berkuasa.

“Petisi rakyat Bolmong ini akan disebarluaskan terus-menerus kepada seluruh rakyat. Baik di tingkat lokal maupun nasional melalui beragam bentuk aksi massa,” tutupnya.

Diketahui, dalam aksi damai ini jalur trans Sulawesi baik dari arah Manado, Kotamobagu dan Gorontalo sempat macet selama kurang lebih dua jam.

Peliput: Imran Asiaw

RELATED ARTICLES

1 KOMENTAR

  1. Maaf kawan2 seperjuangan dalam kebenaran. Saya atas nama teman2 yg lainnya mengucapkan maaf yg sebesar2nya karena tidak sempat ikut dalam aksi bela kebenaran tetapi ketidak hadiran kami tidak mengurangi semangat bela kebenaran. Semoga ALLAH SWT akan segerah memperlihatkan kebenaran yg hakiki dan menurunkan AZAB bagi mereka yg mencoba merusak tatanan hidup bermasyarakat yg adil dan makmur sesuai amanat PANCASILA DAN UUD 45. Amin.. Merdeka !!!!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments

Hijram mokodompit on Aksi Bela Bupati Bolmong
Yossy s manoppo on Besok PT. Conch di-Police Line