Selasa, Juni 15, 2021
Beranda Bolmut Buruh Pelabuhan Labuan Uki Dipecat

Buruh Pelabuhan Labuan Uki Dipecat

Ilustrasi

KLIKBMR BOLMONG — Mulutmu harimaumu. Mungkin pepatah inilah, yang pantas disematkan dari kasus yang dialami Ami Manoso,32.

Berprofesi sebagai buruh kasar di pelabuhan Labuan Uki, Ami yang hanya mengais rejeki lewat butuh kasar itu tanpa syarat langsung dipecat, hanya lantaran menanyakan kejelasan soal keuangan diperusahaan Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM), tempat mereka bekerja.

Menurut Ami, pemecatan tersebut sangat tidak berdasar. “Setelah saya bertanya soal itu, Ketua TKBM Soni Papendang, langsung memecat saya tanpa alasan,” ungkapnya.

Sebagai Ketua Regu Kerja Satu di TKBM, Ami merasa perlu mengetahui kejelasan aliran dana keuangan dari koperasi. “Sejak tahun lalu, keuangan koperasi tidak pernah lagi kami ketahui. Kami ini organisasi, jadi wajarlah jika kami menanyakan kejelasan soal keuangan yang ada di koperasi,” sambungnya.

Parahnya lagi, beber Ami, hal ini bukan baru pertama kali. “Sejak terbentuk, sudah ada tiga kali pemecatan dilakukan oleh pihak perusahaan, dengan kasus yang sama.”

Menuntut hak sebagai buruh, Ami langsung mengadu ke Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans)Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Rabu (31/5).

Sementara itu, Kepala Disnakertrans Bolmong Derek B Panambunan yang menerima langsung aduan tersebut mengatakan, pihaknya akan langsung menindaklanjuti keluhan tersebut. “Ada Disnaker Provinsi yang akan menjadi mediator. Hasil ini, kalau memang ada kesalahan dari koperasi, pasti akan ditindak dengan tegas,” tandas Panambunan.

Lanjut dia, pemecatan secara sepihak tanpa alasan, jelas adalah kesalahan. Harusnya ada surat peringatan terlebihdahulu.

“Kalau benar ada seperti itu, ya tentu ada proses, akan ada sanksi ketenagakerjaan,” imbuhnya.

Terpisah, Soni Papendang selaku ketua Koperasi TKBM Labuan Uki saat dikonfirmasi menjelaskan, pemecatan tersebut sudah disepakati dengan semua anggota Koperasi.

“Soal pemecatan yang bersangkutan, sudah ada rapat bersama semua anggota kelompok koperasi untuk mengeluarkan yang bersangkutan. Keputusan tertinggi kan jelas ada pada anggota kelompok,” kata Papendang.

Editor: Cadavi Lasena

Peliput: Imran Asiaw

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments

Hijram mokodompit on Aksi Bela Bupati Bolmong
Yossy s manoppo on Besok PT. Conch di-Police Line