Rabu, September 29, 2021

Beranda Bolmong Minggu Depan, PT. Conch di Tutup

Minggu Depan, PT. Conch di Tutup

Yasti: Minggu Depan, Saya akan Tutup PT. Conch, Setelah Selesai Menelaah Beberapa Masalah

Bupati Bolaang Mongondow Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow

KLIKBMR BOLMONG—Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Dra. Hj Yasti Soepredjo Mokoagow, telah menegaskan akan menutup PT Conch dan PT Sulenco yang saat ini beroperasi di Lolak.

“Minggu depan, saya akan tutup PT. Conch, setelah selesai menelaah beberapa masalah,” Tegas Yasti, saat melakukan Rapat dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Selasa (30/05).

Perusahan yang bergerak di semen telah beroperasi kurang lebih setahun januari 2016 lalu. kekesalan Ibu Bupati tersebut saat meminta pertemuan kemarin. Namun pihak Pimpinan PT. Conch tak kunjung datang hanya mengutuskan staf PT.Conch.

“Pabrik semen ini, pengusaha yang untung, rakyat buntung!, Perusahaan inipun tak memiliki izin, dan sudah satu tahun beroperasi. Kalau pemerintah diam, dikira sudah kena sogok,” Kesalnya.

Mantan Anggota DPR RI ini menyampaikan, jika pabrik semen ini dilanjutkan, maka Bandara yang nantinya akan dibantun di Lolak bakal terbatal.

“Kedepan, bandara tidak akan dibangun karena akan menganggu aktifitas penerbangan, jika pabrik semen ini tetap beroperasi,” Katanya.

Perusahaan inipun ada sekitar 400 Tenaga Kerja Asing (TKA), dan sementara itu warga lokal hanya 200 pekerja yang menjadi kuli bangunan.

“Jangan mereka yang menumpang ditanah kita, sementara kita yang merasa rugi, kalau investasi kepihak pemerintah dan menguntungkan pihak pemerintah silakan saja,” Katanya.

Lanjut, jika kita korbankan bandara, terus pihak perusahaan mampu melakukan pembayaran kepihak pemerintah sebesar Rp. 250 Miliar.

“Kita akan korbankan bandara, jika pihak PT.Conch mau menyetor royalti ke Pemerintah sebesar 250 Miliar, katanya investasi perusahaan ini Rp 5 triliun dan itu bohong! Potensi semen di situ hanya berapa? potensinya itu hanya Rp 500 miliar, “Ujarnya.

Dirinyapun meminta, di dalam berinvestasi jika mengurus dengan benar pasti akan didukung Pemkab Bolmong. Dalam prinsip investasi, 90 persen pekerja harus warga Bolmong terutama.

“Royalti jelas, CSR jelas, akan di buat aturan setor lewat APBD. Perusahaan janji ke masyarakat, kami yang laksanakan lewat APBD,” Terangnya.

Senada yang dikatakan Asisten ll Sekda Bolmong Sonda Simbala, kemarin Bupati telah menyurat ke-Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, hal ini sudah menadi gejolak permasalahan PT Conch. Dan izin rekomendasi yang dikeluarkan oleh Bupati sebelumnya itu hanya sampai 1 tahun. Yakni 1 Januari 2017.

“Ya, memang sampai saat ini, izin perusahaan ini tidak ada, sehingga kegiatan mereka ini masih ilegal. Ibu Bupati juga telah mengirim surat,” katanya.

Dia membeberkan, pihaknya juga telah menyurat kepada pimpinan perusahaan yang akan kembali di adakan rapat Rabu (31/5) besok.

“Sudah ditegaskan ke pimpinan perusahaan untuk dapat hadir besok, jika tidak, jangan salahkan Pemkab jika perusahaan ini benar-benar akan di hentikan sesuai pernyataan Bupati,” tandasnya.

Editor: Supriyadi Dadu

Peliput : Imran Asiaw

RELATED ARTICLES

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments

Hijram mokodompit on Aksi Bela Bupati Bolmong
Yossy s manoppo on Besok PT. Conch di-Police Line