Selasa, Juni 15, 2021
Beranda Bolmut Pencairan Dandes Dipacu

Pencairan Dandes Dipacu

KLIKBMR BOLMUT—Upaya mendongkrak perekonomian dan memacu pembangunan daerah di tahun 2017. salah satunya lewat peruntukan penggunaan Anggaran Dana Desa (Dandes) tahun 2017.

Dimana saat ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bolmut, terus mengenjot hasil pelaporan pemerintah desa ke pusat, sebagai persyaratan untuk mencairkan Dandes.

“Persyaratan tranfers tahap pertama Dandes 40 persen, dari rekening khas negara ke-khas daerah, karena adalah Peraturan Bupati (Perbup) tahun 2017 tentang penggunaan Dandes. Selain itu APBDes dan laporan hasil realisasi Dandes tahun 2016, dan Allhamdulilah semua persyaratanya ini sudah kita penuhi,” kata Kepala DPMD Bolmut Fadly Tajudin Usup SE MM.

Lanjut Fadly, itu artinya pihak Pemkab Bolmut, saat ini tinggal merampungkan hasil pengimpuntan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBdes) tahun 2017, pada aplikasi Simdes yang dikelolah langsung oleh Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Bolmut. “Untuk pengimpuntan APBdes ini, diperkirakan sudah mencapai angka 80 persen. Atas dasar itu, kami mengaku optimis, jika penyampaian permintaaan dana tranfers Dandes tahap I, secepatnya akan kita laksanakan, sehingga pembangunan yang ada di desa dapat berjalan sesuai perencanaan,” ujar mantan Camat Bolangitan Barat ini.

Ditambahkanya, khusus untuk peruntukan alokasi anggaran desa di tahun ini, diutamakan pada pemberdayaan dan pembangunan tanpa harus melewati proses tender. Hal tersebut dalam rangka pengentasan kemiskinan yang ada di Kabupaten Bolmut, lewat peningkatan ekonomi masyarakat. “Tahun ini, peruntukan anggaran tersebut, diharapkan harus dapat memberikan dampak positif bagi kemaslahatan masyarakat,” pungkasnya.(Tr3)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments

Hijram mokodompit on Aksi Bela Bupati Bolmong
Yossy s manoppo on Besok PT. Conch di-Police Line