Kamis, Oktober 21, 2021

Beranda Bolmut Waduh Kalau Airsoftgun Jadi “Mainan”, Bisa Bahaya Jadinya

Waduh Kalau Airsoftgun Jadi “Mainan”, Bisa Bahaya Jadinya

Ilustrasi
Ilustrasi

BOLMUT Belakangan, kepemilikan dan penggunaan senjata jenis airsoftgun (mainan replika senjata yang berukuran hampir sama dengan jenis senjata aslinya) dikalangan oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) khususnya di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), nampaknya mulai main buka-bukaan.

Ingat, korban kematian, akibat penyalahgunaan dari senjata “mainan” ini, nyaring diberitakan media massa.

Mencuat, kepemilikan senjata airsoftgun ini dari salah satu oknum ASN di Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) berinisial IT. Hal ini pun menuai kekhawatiran tersendiri dimasyarakat.

Pasalnya, oknum ASN ini diduga dengan sengaja memperlihatkan senjata airsoftgun miliknya di depan umum.

Menanggapi hal tersebut, salah satu pengamat hukum di Kabupaten Bolmut Gandhi Goma, mengatakan, hal itu sangat tidak dibenarkan. Apalagi, kepemilikan senjata airsoftgun yang tidak mengantongi izin.

“Sesuai undang-undang yang berlaku, kepemilikan senjata jenis airsoftgun tanpa izin dapat dijerat dengan undang-udang darurat nomor 12 Tahun 1951, sebagaimana Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 8 Tahun 2012, senjata jenis airsoftgun digolongkan senjata api,” katanya.

Menurutnya, penggunaan airsoftgun hanya dibolehkan untuk senjata olahraga dan digunakan di tempat olahraga. Apabila dibawa keluar dari tempat latihan, maka dikenakan tindakan sesuai perundang-undangan dan ketentuan hukum.

“Kalau perlu disita dan dilakukan penahanan kepada pemilik yang sengaja memamerkan senjata airsoft gun tanpa mengantongi izin pengunaan barang berbahaya tersebut,” tegasnya.

Disisi lain, Kapolsek Urban Kaidipang Kompol Teddy Pontoh mengimbau, bahwa masyarakat sipil dilarang keras menggunakan senpi ataupun senjata jenis airsoftgun. Terlebih tidak memiliki izin penggunaan.

“Senjata jenis airsoftgun hanya digunakan untuk latihan, bukan dibawa jalan-jalan atau gaga-gagahan. Apalagi digunakan untuk mengancam orang lain atau melakukan tindak kejahatan,” terang.

Pontoh pun bernazar mengatakan pihaknya akan melakukan tindakan tegas terhadap para oknum yang mengunakan senjata jenis airsoftgun tanpa izin.

“Segeranya, akan dilakukan penyelidikan. Jika informasi tersebut benar, maka kami tidak segan-segan untuk menahan barang bukti dan pemiliknya,” tutupnya. (vil)

 

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments

Hijram mokodompit on Aksi Bela Bupati Bolmong
Yossy s manoppo on Besok PT. Conch di-Police Line