AdvertorialBolselDaerahEtalase

Setelah Adat Bolango dan Mongondow, Kini Giliran Adat Gorontalo Iringi Kedatangan Iskandar-Deddy

KLIKBMR BOLSEL– Setelah sebelumnya di sambut adat Bolango dan Mongondow, kini Bupati dan wakil Bupati Bolsel Hi. Iskandar Kamaru. S.Pt dan Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid dijemput dengan prosesi adat Gorontalo Moloopu di Kecamatan Posigadan. Selasa, (02/03/21).

Dalam penyambutan tersebut, Bupati dan Wakil Bupati yang didampingi masing-masing Istri tercinta, Ketua dan Wakil Ketua TP-PKK Selpian Kamaru-Manoppo dan Rosdiana Abdul Hamid-Lapatola tampil dengan balutan busana adat khas Gorontalo (Biliu).

Related Articles

Prosesi adat ini, diketahui untuk menegaskan kedudukan seorang pemimpin yang disematkan kepada Bupati yaitu ‘Ti Eyanggu’ atau ‘Pimpinan Teringgi di negeri ini’. Terlebih, setelah mereka berdua usai dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bolsel periode 2021-2024.

Dalam sambutanya, Iskandar Kamaru menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada masyarakat Bolsel teristimewa warga Posigadan atas diterimanya mereka sebagai Bupati dan Wakil Bupati dengan adat gorontalo.

“Ini sangat luar biasa, Kami tidak menyangka penyambutam adat seperti ini, Alhamdulillah prosesi adat ini sudah hampir nyaris sempurna seperti adat gorontalo. Saya dan wabup atas nama probadi masing-masing dengan keluarga mengucapkan trmakasih atas diterimanya kami scara adat gorontalo sebagai bupati dan wakil bupati Bolsel,” ujar Bupati

Dikesempatan itu, Terima kasih juga disampaikannya kepada Anggota DPR RI, Bupati Guhanga Hi. Herson Mayulu, S.IP atas dukungan moral maupun materiil dalam mengawal proses pembangunan dan proses demokrasi di daerah ini.

Selain itu, kata Bupati, proses Pilkada telah usai, sekarang saatnya seluruh elemen masyarakat bersatu bahu membahu memperjuangkan daerah ini untuk menyongsong masa depan Bolsel yang lebih baik lagi dibawah kepemimpinan Berkah.

“Pilkada telah usai, perselisihan yang pernah terjadi diantara masyarakat kita lupakan saja, saya juga telah memaafkan orang-orang yang pernah menghina saya, sudah tidak ada lagi nomor 1 dan nomor 2, sekarang hanya ada nomor 3 persatuan Indonesia,” harapnya

Ditempat yang sama, dalam kesempatan istimewa sebagai pemegang adat tertinggi Gorontalo ‘Temei Molamahu’ Anggota DPR-RI Komisi V Hi. Herson Mayulu, S.IP (H2M) mengajak seluruh masyarakat tetap menjaga harmonisasi yang sudah terbangun di daerah ini.

“Saya berharap seluruh masyarakat Posigadan dan seluruh masyarakat Bolaang Mongondow Selatan untuk tetap mengedepankan adat, karena adat mampu menyelesaikan hampir seluruh permasalahan di tengah-tengaj masyarakat, kesampingkan segala perbedaan untuk bersama-sama menjadikan daerah ini setara dengan daerah-daerah maju di Sulawesi Utara,” jelas Bapak Pendamping Desa Itu

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekda Marzanzius Arvan Ohy SSTP, para asisten sekda, pimpinan PD, Forkopimda Kec. Posigadan, Camat dan Sangadi se-Kec. Posigadan, tokoh adat dan tokoh masyarakat. (Rz/**)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button