Permendagri 73 Tahun 2020, Semua Kegiatan Desa Dibawah Pengawasan Camat

0
70

KLIKBMR BOLSEL– Untuk mewujudkan transparansi, akuntabilitas, tertib dan disiplin anggaran, serta partisipasi dalam pengelolaan keuangan desa, Menteri Dalam Negari mengeluarkan Peranturan Menteri Nomor 73 Tahun 2020 Tentang pemgawasan pengelolaan keuangan desa.

Dalam Permendagari tersebut semua kegiatan pemerintahan desa baik laporan kegiatan, penggunaan dana desa dan sebagainya harus dilaporkan kepada Camat dibawah wilayah hukum kecamatan tersebut. Dan semua kegiatan Desa tidak lepas dari Pengawasan oleh Camat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Ekafrei Van Gobel membenarkan adanya Permendagari tersebut.

“Ya, di Bolsel berlaku pengawasan dari Camat, Camat termasuk dalam tim evaluasi APBDes,” terang Ekafrei Van Gobel saat di konfirmasi awak media. senin, (19/01/2021)

Selain camat, kata Ekafrei ada beberapa Perangkat Daerah yang masuk dalam Tim Evaluasi APBDes.

“Selain camat, juga ada Asisten 1, Dinas PMD, Bapeda, Inspektorat, Badan Keuangan, Dinas Kesehatan dan Bagian Hukum,” ujarnya

Untuk diketahui, Permendagri Nomor 73 Tahun 2020 tersebut ditetapkan di Jakarta pada tanggal 11 Desember 2020 oleh Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian, selanjutnya diundangkan di Jakarta pada tanggal 17 Desember 2020 oleh Dirjen Peraturan Perundang-undangan Kemenkumham Widodo Ekatjahjana. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here