DPMPT Bolsel Beri Izin Usaha Gratis Kepada UMK

DPMPT Bolsel Beri Izin Usaha Gratis Kepada UMK

- Kanal Bolsel, Daerah, Etalase
68
0

KLIKBMR BOLSEL–Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu, Transmigrasi dan Tenaga Kerja (DPMPT) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), melakukan pelayanan kepada para Usaha Mikro Kecil, untuk memberi Surat Izin Usaha secara Gratis tanpa dipungut biaya apapun.

Kegiatan yang dinamakan Mobile Service Perizinan Khusus Usaha Mikro Kecil, telah di laksanakan di Kecamatan Pinolosian, Rabu (21/10).

Dalam pelaksanaan tersebut, Kepala Dinas DPMPT Bolsel Hi. Arsalan Makalalag, melalui Kepala Bidang (Kabid) Ny. Lewis Datuela, mengatakan, Pelayanan Mobile Servic Perizinan ini telah dilaksanakan sejak Februari 2020 di Kecamatan Posigadan dan sebagian di Kecamatan Tomini.

“Kegiatan ini telah dilaksanakan sejak Bulan Februari kemarin, di Kecamatan Posigadan dan sebagian di Kecamatan Tomini, akan tetapi saat dilanjutkan di kecamatan lain, itu terkendala dengan adanya covid-19, dan baru saat ini di lanjutkan di kecamatan pinolosian,” ucapnya.

Lanjutnya, pelayanan ini selama dua hari di Kecamatan Pinolosian, dan untuk para pelaku UKM, agar segera mengurus surat izin silakan ke Kantor Desa Pinolosian dan Desa Nunuk.

“Untuk Kecamatan Pinolosian, Saat ini Pelayanan baru 7 Desa, yang bertempat di Kantor Desa Pinolosian dan Nunuk, dan dari Jumlag yang saat ini dilayani sudah ada 98 Pemohon, dan untuk ketiga Desa sisanya akan di layani pada tanggal 26 Oktober mendatang,” katanya.

Pelayanan ini, kata Lewis, sebagai bentuk Pelayanan DPMPT Bolsel kepada masyarakat, hinga memudahkan izin usaha gratis secara langsung.

“Akses pelayanan kepada masyarakat terutama pelaku usaha mikro kecil lebih terarah sehingga masyarakat lebih mudah dalam hal perizinan
seperti yang tercantum dalam Permendagri Nomor 138 Tahun 2017 Pasal 5 (ayat 2) bahwa bentuk lain dari pelayanan PTSP adalah pelayanan langsung kepada masyarakat.

“Kegiatan ini sebenarnya salah satu bentuk perhatian dan pelayanan Dinas PMTP Bolsel kepada masyarakat agar masyarakat lebih mudah untuk mengakses pelayanan dari DPMTL.

“Karena sesuai dengan arahan presiden UMK harus di prioritaskan dalam hal perizinan dan tidak ada yang memperhambat,” Ungkapnya.

Sekedar informasi, bahwa acara ini tetap menggunakan protokol kesehatan dengan melibatkan Dinas Kesehatan dan Puskesmas Pinolosian.(**)

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga!

Untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pilkada Serentak, Kesbangpol Bolsel Gelar Sosialisasi Pendidikan Politik

KLIKBMR BOLSEL– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Selatan