Bawaslu Bolsel Terima Laporan Pelanggaran Pemilu Mengatasnamakan Bantuan BNPB

Bawaslu Bolsel Terima Laporan Pelanggaran Pemilu Mengatasnamakan Bantuan BNPB

- Kanal Bolsel, Daerah, Etalase
61
0

KLIKBMR BOLSEL–Hingga saat ini, memasuki pertengahan bulan Oktober 2020 Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Sudah menerima beberapa Kasus pada tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun ini.

Salah satunya adalah dugaan penyaluran bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang diduga disalurkan oleh Tim Sukses (Timses) salah satu Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bolsel.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Bawaslu Rolis Hasan selaku ketua Koordinator Divisi Hukum, Penindakan, Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (HP3S) Kabupaten Bolsel saat diwawancarai oleh awak media di Kaantor Bawaslu Bolsel. Selasa, (20/10/20)

“Laporan sudah kami terima, dan akan dilakukan proses kajian bersama Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) yakni dari KPU, Kepolisian dan Kejaksaan, apakah masuk tindak pidana pemilu atau pelanggaran administrasi,” kata rolis

Laporannya sudah kami terima dan akan kami proses kajian selama dua hari setelahnya akan di umumkan hasilnya.

“Proses tetap sesuai aturan yang berlaku yakni selama dua hari, lewat registrasi, kajian selama dua hari setelahnya kita akan umumkan hasilnya seperti apa,” jelasnya.

Sementara itu di tempat terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bolsel Daanan Mokodompit mengungkapkan, dirinya tidak tahu menahu dengan bantuan yang disalurkan oleh Oknum yang mengatasnamakan BNPB.

“Kami tidak mendapat informasi soal penyaluran bantuan itu. Kalau bantuan yang kami dapatkan dari BNPB terkait dengan Covid-19 maupun bencana alam beberapa waktu lalu, sudah tersalurkan semuanya. Sejauh ini, bantuan dari BNPB diberikan ke Pemkab melalui BPBD Bolsel, artinya tetap satu pintu dari atas,” katanya.

Lanjut dirinya mengungkapkan, bahwa sudah melakukan koordinasi dengan pihak BNPB terkait dengan bantuan tersebut.

“Kita sudah koordinasi terkait bantuan yang mengatasnamanakan BNPB itu dan mereka tidak tahu sama sekali. Apalagi sampai melibatkan Timses Paslon, selanjutnya pihak BNPB akan menurunkan tim dan melakukan kroscek dilapangan terkait bantuan itu. Yang jelas, tidak ada bantuan dari BNPB yang melibatkan Paslon,” pungkasnya.

Penulis: Reza Pahlevi

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga!

Untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pilkada Serentak, Kesbangpol Bolsel Gelar Sosialisasi Pendidikan Politik

KLIKBMR BOLSEL– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Selatan