Sepekan di Landa Banjir, Warga Bolsel Harus Kuat

Sepekan di Landa Banjir, Warga Bolsel Harus Kuat

- Kanal Bolsel, Daerah, Etalase
93
0

KLIKBMR BOLSEL–Selir berganti di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), mulai dari, Bolaang Uki, Helumo, Tomini, Posigadan, hingga Pinolosian Bersatu, sejak Akhir Bulan July dan memasuki Bulan Agustus, talh di landa Banjir dan Tanah Longsor.

Namun, dalam menghadapi situasi bencana alam yang terjadi di Kabupaten Bolsel sejak tanggal 24 Juli 2020 lalu, Pemerintah sudah meminta bantuan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat, untuk penanganqn darurat kepada warga.

Hal itu, sebagaimana tercantum dalam surat Bupati Bolsel bernomor 100/818/VIII/Sekr, Bupati Bolsel Hi Iskandar Kamaru S.Pt meminta agar BNPB melalui Deputi Bidang Penanganan Darurat, untuk segera memberikan bantuan kebutuhan mendasar kepada Pemda dalam penanganan dini krpada warga terdampak banjir

Sebagaimana data yag ada, hingga 1 Agustus 2020, banjir bandang melanda 58 Desa di 7 Kecamatan se-Kabupaten Bolsel dengan total sebanyak 22.666 jiwa dari 7.046 Kepala Keluarga harus dievakuasi serta menelan 1 korban jiwa yakni Kepala Desa Bakida yang terseret arus banjir pada Jum’at 24 Juli lalu, dan 29 Rumah yang hanyut, 64 Rusak parah, jalan Akses Provinsi Sulut ke Provinsi Gorontalo (Lintas Selatan) terputus, dua jembatan Bakida dan Jembatan Sinandaka Ambruk.

Bupati Bolsel Hi Iskandar Kamaru, tak henti-hentinya meninjau lokasi kejadian, dan selalu melihat kondisi warganya yang terdampak bencana yang melanda di semua wilayah.

“saya tak boleh berdiam diri, saya harus turun melihat kondisi warga yang terdampak,” ucap Kamaru.

Selanjutnya, Kamaru menyeruhkan kepada sejumlah warga untuk tetap waspada.

“Kita tidak tahu bencana akan datang dan berakhir kapan, untuk masyarakat lebih di tingkatkan waspada dini,” terangnya.

Selain itu, Seruan Bupati Bolsel ini untuk warganya agar tetap semangat dan harus kuat menghadapi musibah yang melanda ini.

“Bolsel harus kuat, Bolsel harus bangkit,” ucapnya.(**)

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga!

Pemuda Boltim Siap Menangkan AMA UKP

KLIKBMR, BOLTIM- Kehadiran figur muda Amalia Ramadhan Landjar