BoltimDaerahEkonomi dan BisnisEtalaseWARNA - WARNI

BRI Unit Kotabunan Sosialisasi Program KUR

KLIKBMR BOLTIM–Sebagai salah satu perbankan berplat Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Bank Rakyat Indonesia (BRI) sudah menjadi tanggung jawabnya berkontribusi dalam memajukan perekonomian masyarakat.

Guna memenuhi hal itu, BRI Unit Kotabunan bekerja sama dengan Pemerintah Kecamatan setempat menggelar kegiatan sosialisasi program Kredit Usaha Rakyat (KUR) ditingkat masyarakat demi memfasilitasi kebutuhan penambah modal yang bertempat di Aula Kantor Kecamatan Kotabunan, Rabu (29/01) pagi tadi.

Fitrah Daumpung AO Mikro BRI Unit Kotabunan kepada peserta sosialisasi KUR mengatatakan, BRI bersama pemerintah menjalankan program KUR tersebut dengan  90% sasarannya adalah UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah).

“Siapapun bisa mengajukan kredit asalkan memiliki usaha yang layak dan memiliki keuntungan,” terang Daumpung kepada peserta sosialisasi KUR yang diselenggarakan di Kantor AULA Kecamatan Kotabunan, Rabu (29/01) pagi tadi.

Lanjutnya, KUR yang merupakan program pemerintah pusat dikarenakan dapat memajukan perekonomian masyarakat dalam memajukan sektor ekonomi Daerah.

“Fasilitas seakusuai dengan tujuan diadakannya acara tersebut, pihak BRI menginformasikan bahwa dana KUR dari pemerintah pusat ada 150 trilyun dan yang dikelola oleh BRI sendiri ada 120.2 trilyun. Untuk BRI Unit Kotabunan, khususnya, dana KUR yang disediakan ada 25 milyar. Hampir segala jenis UMKM dapat diberikan fasilitas KUR BRI akan tetapi harus usaha yg layak dan mempunyai keuntungan. Selain itu, calon debitur tidak sedang menerima kredit/pembiayaan dari bank lain, kecuali KPR, kartu kredit, KKB, Kredit dengan jaminan SK kerja,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Unit BRI Kotabunan, Lucki AD Karouw menyamopaikan, KUR dapat digunakan untuk tambah modal ataupun investasi (alat produksi/perluasan usaha). Sektor usaha yang dapat dibiayai KUR antara lain pertanian, perikanan, indutri pengolahan, kelontong, pariwisata, jasa dan perdagangan.

“Selain untuk penambahan modal usaha, KUR juga memiliki manfaat lain yakni asuransi mikro (kecelakaan, kesehatan, dan meninggal dunia), asuransi rumah (kebakaran, petir, ledakan tabung, kejatuhan pesawat), serta asuransi tempat usaha (kebakaran, ledakan tabung gas, dan bencana alam),” ungkap Karouw.

Terpisah Camat Kotabunan Ahmad Alheid S,hi ditemuai usai pelaksanaan kegiatan sosialisasi KUR mengatakan, pihak sebagai pemerintah menyambut baik program KUR yang ada diwilayah pemrintahaanya.

“Pada intinya keberadaan KUR sangat menopang perekonomian masyarakat dalam memajukan ekonomi, kami sangat mengapresiasi kegiatan yg dipelopori oleh BRI Unit Kotabunan,” singkatnya. (Andong)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button