Komisi V DPR RI Bahas 5 RUU dan Percepatan Ibu Kota Baru

Komisi V DPR RI Bahas 5 RUU dan Percepatan Ibu Kota Baru

- Kanal Bolsel, Daerah, Etalase, Nasional, Politik, Sulut
21
0

KLIKBMR POLITIK–Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), di Komisi V menggelar rapat pertama, pembahasan rancangan undang-undang dan percepatan pembangunan ibu kota baru.

Ketua Kelompok Fraksi PDI Perjuangan di Komisi V, Hi Herson Mayulu, mengatakan, ada beberapa agenda penting yang akan diajukan lewat masa sidang pertama tahun ini, mulai dari pembentukan UU dan percepatan Ibu Kota negara yang baru.

“Dari sejumlah agenda penting itu, beberapa diantaranya adalah terkait dengan pelaksanaan fungsi legislasi,” kata Kapoksi V Fraksi PDI Perjuangan Hi Herson Mayulu. digedung Nusantara V, Selasa (04/11).

Komisi V DPR RI berencana akan mengusulkan lima Rancangan UU, dan nantinya akan diserahkan ke pimpinan DPR RI dan Badan Legislati untuk dimasukan dalam agenda Program legislasi Nasional (Proglegnas).

Menurutnya, Komisi V berencana mengusulkan lima RUU kepada pimpinan DPR RI dan Badan Legislasi untuk dimasukkan dalam Program Legislasi Nasional (Proglegnas).

Selain akan mengusulkan lima RUU, Komisi V juga membahas terkait pelaksanaan fungsi pengawasan, Kata H2M, Komisi V juga akan mengagendakan Rapat Kerja dengan mitra kerja, yakni Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, Kementerian, Kementerian Desa, BMKG dan Basarnas.

“Kita akan raker dengan mitra kerja, dan juga rapat dengar pendapat,” katanya.

Lanjut, dimana dalam pembahasan rapat kerja dan rapat dengar pemdapat ini adalah, kesiapan sarana dan prasarana transportasi dalam menghadapi Natal Desember 2019 dan Tahun Baru Januari 2020.

“Final Report Investigasi kecelakaan jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 dan kesiapan perencanaan pemindahan ibu kota,” ujar mantan Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan ini.

Perlu diketahui, Kelima RUU itu adalah Revisi UU No. 22 Tahun 2009 tentang LLAJ. Revisi UU No. 38 Tahun 2004 tentang Jalan. RUU tentang Sisten Transportasi Nasional, RUU tentang Sanitasi dan RUU tentang Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal.(**)

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga!

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Hi Iskandar Kamaru Bacakan Sambutan Menpora

KLIKBMR BOLSEL–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel),