Pemkab Bolsel Tetapkan Rp. 4,4 Miliar Anggaran Bawaslu 

Pemkab Bolsel Tetapkan Rp. 4,4 Miliar Anggaran Bawaslu 

- Kanal Bolsel, Daerah, Etalase
35
0

KLIKBMR BOLSEL–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) telah menetapkan anggaran pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Anggaran yang sebelumnya diusulkan oleh Bawaslu Bolsel mencapai Rp. 20 Miliar, namun Pemkab sendiri menetapkan anggaram sebanyak Rp. 4.4 Miliar.

Hal itu sebagaimana dikatakan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Marzanzius Arvan Ohy, jumlah besaran anggaran untuk pilkada kepada Bawaslu sudah dirasionalisasikan dengan kebutuhan Bawaslu sesuai kondisi daerah.

“Dari Anggaran 4,4 miliar, sudah memenuhi kebutuhan segala operasional di Bawaslu,” ucap Arvan.

Lanjutnya, ada peningkatan anggaran, karena tahun-tahun sebelumnya dimana kondisi akses sarana dan pra sarana masih terbatas.

“Dulu membutuhkan dana yang besar karena anggaran operasional tinggi. Tapi di tahun ini seluruh akses di pelosok Bolsel sudah bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat maupun roda dua,” ucap Arvan Ohy.

Anggarannya sudah sangat rasional dan sesuai dengan kondisional saat ini. Sebagaimana di Kabupaten Bolmong Timur, yang juga menghelat Pilkada di tahun 2020, anggaran Bawaslu ditetapkan Rp 4,5 miliar.

“Sangat tidak rasional kebutuhan anggaran di Bawaslu mencapai Rp 20 miliar. Namun itu sifatnya hanya usulan, kami rasionalisasikan dengan kondisi riil yang ada saat ini. KPU saja sebagai penyelenggaran teknis Pilkada Rp 15,5 miliar,” terang Arvan Ohy.

Sebagaimana diketahui, Bawaslu Bolmong Selatan masih berharap pemerintah daerah menambah alokasi anggaran untuk Bawaslu. Namun permintaan ini langsung ditanggapi oleh Pemkab Bolsel bahwa anggaran yang sudah teralokasi sudah sesuai dengan kebutuhan riil saat ini.(**)

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga!

Komisi V DPR RI Bahas 5 RUU dan Percepatan Ibu Kota Baru

KLIKBMR POLITIK–Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR