Halal Bi Halal Pemkab Bolsel, Dihadiri Wagub Sulut dan Ketua DMI Sulut

Halal Bi Halal Pemkab Bolsel, Dihadiri Wagub Sulut dan Ketua DMI Sulut

- Kanal Advertorial, Bolsel, Daerah
33
0

KLIKBMR BOLSEL—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) menggelar kegiatan Halal Bi Halal pasca perayaan Idul Fitri 1440 Hijriah, yang dilaksanakan di Desa Adow, Kecamatan Pinolosian Tengah, Rabu (12/06).

Pelaksanaan Halal bi halal tersebut, dihadiri langsung oleh Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandouw, Bupati Bolsel Iskandar Kamaru, Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid, dan juga Ketua Dewan Mesjid Indonesia (DMI) Sulut Hi Herson Mayulu SIP, sekaligus Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Sulut, serta para pimpinan SKPD Provinsi Sulut, Para ASN Bolsel dan masyarakat.

Halal bi Halal yang digelar ini merupakan tradisi yang telah membudaya di Indonesia khusunya di Kabupaten Bolsel. Istilah Halal bi Halal ini berasal dari bahasa Arab yang berarti halal dengan yang halal atau sama-sama saling menghalalkan. Bupati Bolsel Iskandar Kamaru saat menyampaikan sambutan mengucapkan terima kasih kepada Wakil Gubernur Sulut Steven Kandow yang hadir bersama masyarakat Bolsel. Selanjutnya, Halal Bi Halal, kata Iskandar sebagai perekat tali silahturahmi dengan mengucapkan salam dan tegur sapa yang akan melahirkan keakraban dan kepedulian terhadap sesama.

“Kebaikan yang paling cepat balasannya adalah berbuat kebaikan dan silaturahmi,” ujar Bupati saat menyanpaikan sambutan.

Sementara itu, Ketua LPTQ Sulut dan Ketua DMI Sulut Hi Herson Mayulu (H2M) saat memberikan tauziah di acara halal bi halal mengatakan, sudah sepantasnya kita selalu memelihara hubungan baik dengan orang-orang di sekitar kita.

“Ada tiga pelajaran yang bisa kita petik dari Halal Bi Halal. Pelajaran pertama adalah pembersihan diri dari segala bentuk kesalahan. Di suasana  hari nan fitri ini kita “mudik” kepada Allah. Kembali kepada-Nya dengan membawa permohonan ampun. Memohon ampun atas dosa yang terjadi. Kita sadar bahwa diri ini penuh dosa,” ungkap H2M.

Sedangkan, Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw mengatakan, gebyar Halal Bi Halal yang dilaksanakan ini terus dipupuk di bumi Sulawesi Utara khusunya di Bolsel.

Dia mengaku bawah hingga kini Sulawesi Utara dalam aman dan damai karena tingginya toleransi yang tercipta antara umat beragama.

Wagub berharap Halal Bi Halal ini menjadi ajang silaturahmi dan saling “Baku Sayang” yang sifatnya sustainable dan terus menjaga ukhuwah Islamiyah, wataniah dan insaniyah.

Usai menyampaikan sambutan, Wakil Gubernur Sulut menyerahkan sertifikat tanah sebagai upaya untuk mengentaskan kemiskinan kemudian dilanjutkan dengan pelantikan jajaran pengurus PMI kabupaten Bolsel.

Puncak acara, Wagub Steven Kandouw didampingi Bupati Iskandar Kamaru dan Wabup Dedi Abdul Hamid meninjau stand-stand sekaligus menyantap hidangan ketupat.(Adv)

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga!

Peringati Hari Kemerdekaan RI ke-74, Bolsel Lebih Maju, SDM Semakin Unggul

KLIKBMR BOLSEL–Peringati Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang