Hardiknas 2019, Wabup Bolsel Sampaikan Sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan

Hardiknas 2019, Wabup Bolsel Sampaikan Sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan

- Kanal Bolsel, Daerah, Etalase
80
0

KLIKBMR BOLSEL—Dalam rangka Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2019, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) berkomitmen dan menjamis, untuk anggaran pendidikan mencapai 20 Persen yang diambil dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Hal itu disampaikan oleh Wakil Bupati (Wabup) Bolsel Deddi Abdul Hamid, saat menjadi Inspektur Upacara saat memperingati Hardiknas, yang dilaksanakan di Kantor Bupati, Kamis (02/05).

Upacara yang dihadiri oleh Forkompimda, Sekda, para asisten, para pimpinan SKPD, Camat, serta para pelajar, itu, Wakil Bupati Bolsel Deddi Abdul Hamid, langsung membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhadjir Effendy.

Tema memperingati Hardiknas 2019, “menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan” itu, mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang syarat nilai dan pengalaman kebudayaan, guna membingkai hadirnya sumberdaya manusia yang berkualitas, demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan.

Wabup Bolsel mengatakan, dalam perspektif Kemendikbud, pembangunan sumber daya manusia menekankan dua penguatan.

“Pendidikan karakter dan penyiapan generasi terdidik yang terampil dan cakap dalam memasuki dunia kerja kedepan,” Katanya.

Pendidikan berkarakter yakni, untuk membentuk insan berakhlak mulia, empan papan, sopan santun, tanggung jawab, serta budi pekerti yang luhur, begitu juga dengan Pendidikan Ikhtiar membekali ketrampilan dan kecakapan disertai pula dengan penanaman jiwa kewirausahaan.

“Semua itu membutuhkan profesionalitas kinerja segenap pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan di tingkat pusat maupun di daerah,” ucapnya.

Apaterlebih perkembangan teknologi yang semakin canggih, dapat mempengaruhi cara berpikir, berperilaku dan karakter peserta didik.

“Peserta didik harus memiliki karakter dan jati diri bangsa di tengah perubahan global yang bergerak cepat,” ujarnya.

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga!

Usai Laksanakan Ibadah Haji, Bupati Bolsel Langsung Pimpin Apel

KLIKBMR BOLSEL–Usai melaksanakan ibadah Haji selama 40 hari,