Yanni Irup Upacara Peringatan HUT Provinsi ke-54

Yanni Irup Upacara Peringatan HUT Provinsi ke-54

- Kanal Advertorial, Bolmong, Daerah, Etalase, Sulut
258
0

Wabup Bolmong Yanni Tuuk saat memimpin Upacara Peringatan HUT Provinsi Sulut ke-54 di halaman Kantor Bupati di Lolak, Senin (24/9/18).

KLIKBMR BOLMONG — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) ke- 54 di Halaman Kantor Bupati di Lolak, Senin (24/9/18).

Dalam kesempatan ini, Wabup Yanni Ronny Tuuk menjadi Inspektur Upacara (Irup) mewakili Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow.

Menurut Yanni, pihaknya mengucapkan selamat memperingati dan merayakan Hari Ulang Tahun ke-54, kepada segenap komponen masyarakat Sulut. Mulai dari Miangas sampai Tontulow-Pinogaluman. “Semoga, seiring dengan pertambahan usia ini, kebersamaan kita dalam membangun daerah tetap terjaga. Serta progres pembangunan di Sulut kedepan juga akan semakin baik, yang pada muaranya dapat menorehkan prestasi-prestasi hebat,” kata Yanni membacakan sambutan Gubernur Sulut Olly Dondokambey.

Lanjut dia, dalam rangka menggapai visi pembangunan daerah, yakni terwujudnya Sulut yang berdikari dalam ekonomi, berdaulat dalam politik, dan berkepribadian dalam budaya, serta menjadikan Sulut sebagai salah satu pintu gerbang di kawasan Timur Indonesia, maka telah banyak yang kita lakukan bersama sejauh ini. Dimana, hasilnya signifikan serta memberikan kebanggaan, yang nampak pada setiap lini sektor pembangunan. “Diantaranya pertumbuhan ekonomi Sulut pada tahun 2015 masih berada pada angka 6,12% terus meningkat, dimana tahun 2017 berhasil mencapai angka 6,32%, jauh melebihi pertumbuhan ekonomi nasional yang berada pada angka 5,07%. Kemiskinan yang mampu kita tekan lewat program OD-SK, hingga pada akhir tahun 2017 berada pada angka 7,9% atau menurun jauh,” unkapnya.

Ia menjelaskan, jika dibandingkan dengan angka kemiskinan pada tahun 2016 yakni 8,89%, dan angka pengangguran yang juga mampu ditekan hingga 6,09% pada semester pertama tahun 2018. Sementara angka harapan hidup tahun 2017 yang meningkat pada level 71,4 tahun, dari sebelumnya berada pada level 70 tahun di tahun 2016. Peningkatan produksi padi 11,23% dan produksi daging sapi pada tahun 2018, serta produksi jagung yang sejauh ini telah mencapai 1,5 Juta Ton. Jumlah kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Sulut yang hingga September 2018 telah menembus angka 206.264 Orang (menurut data Imigrasi Manado). “Disamping itu, beragam prestasi di berbagai bidang pembangunan juga berhasil diraih. Seperti, Opini WTP dari BPK RI untuk pengelolaan keuangan tahun 2017, anugerah KASN (KASN Award) sebagai provinsi terbaik kategori Kepatuhan dan Kualitas tata kelola seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) tahun 2017, penghargaan oleh Presiden sebagai TPID terbaik tingkat Provinsi di Kawasan Sulawesi. Kuliner tinutuan, musik kulintang, musik bambu, tradisi mogama dan ritual monibi menjadi warisan budaya takbenda Sulut tingkat Nasional tahun 2017, Sulut masuk rangking 10 Nasional dalam bidang penanganan konflik sosial dan meraih peringkat pertama di tahun 2017 dalam penilaian Indeks Demokrasi Indonesia, serta prestasi-prestasi lainnya,” ujarnya.

Berbagai capaian dan prestasi ini kata dia, tentunya patut disyukuri dan dimaknai dengan rintisan kerja yang semakin paripurna, dengan tekad dan komitmen untuk selalu bersatu dalam bekerja. Menunjukan bahwa Sulut terus bekerja, dan akan terus menorehkan prestasi-prestasi yang hebat. “Dalam konteks itu, melalui momentum ini, mari kita satukan niat untuk tetap menjaga sinergitas langkah dan saling bahu membahu merealisasikan berbagai agenda kerja prioritas pembangunan daerah di berbagai sektor, utamanya kemiskinan dan pengangguran, pendidikan, kesehatan, revolusi mental, infrastruktur, kedaulatan pangan, pariwisata, dan berbagai program kerja strategis lainnya,” tutupnya.

Sekadar informasi, hadir dalam upacara tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Tahlis Gallang, para Asisten I,II,III, pimpinan SKPD dan seluruh ASN di lingkup Pemkab Bolmong, Forkopimda, Camat, Lurah, Sangadi serta Siswa-siswi. (ADV)

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga!

Jelang Muswil KAHMI Sulut Ketua Presedium KAHMI Bolsel Bentuk Panitia

KLIKBMR BOLSEL–Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Sulawesi