Soal Penyerobotan Lahan di Lokasi Potolo, Lewan Cs Resmi Ditetapkan Tersangka

Soal Penyerobotan Lahan di Lokasi Potolo, Lewan Cs Resmi Ditetapkan Tersangka

- Kanal Hukum dan Kriminal
162
0

 

Ilustrasi.

KLIKBMR BOLMONG — Laporan yang dilayangkan Adrianus Kobandaha, warga Desa Tanoyan Selatan, Kecamatan Lolayan Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) di Polda Sulawesi Utara (Sulut), soal penyerobotan lahan di Pegunungan Potolo yang diduga kuat dilakukan oleh GL dan WL, terus bergulir.

Terbaru, unit Harda dibawah Direktorat Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Sulut, telah menetapkan terlapor sebagai tersangka.

Hal ini sebagaimana penuturan Kepala Dirkrimum Polda Sulut, Kombes Pol Hari Sarwono SIK. Menurut dia, pihaknya sudah menaikan tahap penyelidikan ke penyidikan soal masalah tersebut.

“Ya, terlapor saat ini telah ditetapkan sebagai tersangka,” kata Hari, Kamis (20/9/18).

Kendati demikian, Hari menjelaskan pihaknya masih belum melakukan penahanan. Karena, masih akan meminta keterangan lanjutan dari saksi-saksi.

“Kan masih tahap penyidikan. Kalau bukti-bukti sudah lengkap penahanannya akan dipertimbangkan,” tuturnya.

Sekadar diketahui, laporan itu dilayangkan Adrianus, karena pihak terlapor, Gusri Lewan dan Welly Lewan, diduga kuat melakukan penyerobotan lahan yang telah dimiliki oleh Adrianus dan diperkuat dengan bukti-bukti kepemilikan hak tanah perkebunan.

Awalnya, Adrianus memiliki hak penggunaan lahan itu karena mengelolah kayu, yang sudah mendapat izin dari Kementerian Kehutanan. Tiba-tiba Gusri dan Welly, mengklaim bahwa tanah yang dimiliki oleh Adrianus itu adalah tanah milik keluarga Lewan bersaudara. Parahnya, tanpa permisi Lewan Cs langsung melakukan aktifitas Pertambangan Tanpa Izin (PETI) dilokasi milik Adrianus tersebut. Merasa dirugikan Adrianus kemudian mengadukan kejadian itu ke Polda Sulut. (Imr)

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga!

Peti Bakan Makan Korban, Puluhan Orang Masih di Evakuasi, 1 Meninggal Dunia, Belasan di Rumah Sakit

KLIKBMR BOLMONG–Penambangan emas tanpa ijin (PETI) Desa Bakan