Janji Menteri Desa Untuk 10 Bumdes Terbaik di Bolmong Terealisasi

Janji Menteri Desa Untuk 10 Bumdes Terbaik di Bolmong Terealisasi

- Kanal Bolmong, Daerah, Etalase, Nasional
161
0
Menteri DPDTT Eko Putro Sandjojo saat memberikan sambutan dalam Kunker di Bolmong, Kamis (12/4) beberapa waktu lalu.

KLIKBMR BOLMONG – Sepuluh Badan Usaha Milik Desa (Bundes) terbaik yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), telah menerima bantuan dari Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes-PDTT), Eko Putro Sandjojo saat melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) beberapa waktu lalu.

Janji Mendes tersebut telah direalisasikan. Sebanyak sepuluh Bumdes telah menerima bantuan Rp 50 juta dari Kemendes untuk menopang kemajuan usaha Desa.

Hal ini sebagaiman dikatakan Kepla Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Achmad Yani Damopolii, pihaknya hanya menerima informasih bantuan tersebut sudah di transfer ke masing-masing bumdes.

“Dari informasi yang didapat bantuan tersebut sudah masuk ke rekening Bumdes, kami hanya mengusulkan dan menerima laporan dari pengelolah,” Kata Damopolii, Kamis (6/9/18).

Dipilihnya sepuluh bumdes tersebut sesuai sesuai dengan pertimbangan sejumlah hal.

“Bumdes yang aktif sudah ada dana yang masuk dari Dandes. Selain itu juga telah ada kegiatan yang dilakukan oleh pengelolah. Setiap kegiatan bumdes sudah menghasilkan pendapatan. Inilah yang jadi pertimbangan kami untuk mengusulkan ke kementerian,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Bidang Usaha Ekonomi Desa (UED), DPMD Andi menuturkan, selain Sepuluh Bumdes ini, pihaknya juga berencana mengusulkan 80 Bumdes.

“Ya kita akan usulkan 80 Bumdes ditahun 2018. Supaya tahun 2019 nanti bisa disetujui. Namun ini berbeda dengan Sepuluh bumdes pertama. Sebab itu dijanjikan langsung oleh Menteri,” kata Andi.

Sementara itu, Sangadi Mopait Ruslan Bonuot membenarkan sebagai satu diantara Desa yang menerima bantuan dari Kemendes dengan nama Bumdes Moonow. “Ya, kita telah menerima bantuan dari Menteri Eko dan telah masuk ke rekening bumdes sebagaimana telah dijanjikan saat melaksanakan Kunker di Bolmong,” kata Ruslan melalui via televon genggam.

Senada disampaikan Sangadi Kopandakan II, Marwan Palakum, bahwa bantuan dari Menteri Desa juga telah masuk di rekening Bumdes Bina Karya. “Kami telah menerima bantuan tersebut. Namun, belum bisa digunakan, sebab masih menunggu APBDes Perubahan telebih dahulu. Dan saat ini juga kami sedang mempersiapkab rapat bersama seluruh aparat terkait pengelolaan bantuan tersebut,” tutur Palakum.

Sekadar informasi 10 Sepuluh Bumdes terbaik yang mendapatkan bantun dari Menteri Desa masing-masing, Bumdes Karya Naton Desa Lolan II, Motobatu Desa Poigar I, Bina Karya Desa Kopandakan II, Moonow Desa Mopait, Kalibombang Desa Passi, Suka Maju Desa Manembo, Tunas Harapan Desa Toraut, Inaton Desa Dumoga, Motobatu Desa Doloduo serta Bumdes Dharma Duta Desa Werdhi Agung Selatan. (Imr)

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga!

Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Bupati Bolsel: Kita Harus Membangkitkan Rasa Persatuan

KLIKBMR BOLSEL—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel)