UEP Dorong Pemberdayaan Masyarakat Pesisir

UEP Dorong Pemberdayaan Masyarakat Pesisir

- Kanal Bolmong, Daerah, Etalase
410
0
Sofyanto

KLIKBMR BOLMONG – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) langsung menindaklanjuti
setelah menggelar Focus Group Discussion (FGD) bersama pihak Direktorat Fakir Miskin Pesisir, Pulau Kecil dan Perbatasan Antar Negara dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI pada pekan lalu, terkait Usaha Ekonomi Produktif (UEP) di daerah pesisir.

Kepala Dinsos Abdul Haris Bambela melalui Sekretaris Dinsos Sofyanto mengatakan, terkait UEP tersebut, saat ini pihaknya sudah melakukan pembukaan buku tabungan kepada para penerima. “Sekarang sudah masuk dalam tahap pembukaan buku tabungan dari Keluarga Penerima Manfaat (KPM),” kata Sofyanto, Selasa (10/7/18).

Ia menjelaskan, ada 200 KPM yang tersebar di dua kecamatan di Bolmong nantinya akan mendapatkan bantuan modal dari Kemensos tersebut. “Untuk UEP ini ada 200 KPM masing-masing KPM mendapatakan Rp 2,5 juta. 200 KPM ini tersebar di dua kecamatan, yakni Kecamatan Lolak dan Sangtombolang,” tuturnya.

Lanjutnya, 2019 pihaknya akan kembali mengusulkan penambahan penerima UEP di Bolmong. “Nanti untuk tahun 2019, kita akan tambah lagi 300 KPM, masing-masing 100 KPM per kecamatan. Rencananya akan diambil dari tiga kecamatan, di Kecamatan Poigar, Bolaang dan Kecamatan Bolaang Timur,” ujarnya.

Sekadar diketahui, tujuan dari UEP selain untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat, juga menciptakan lapangan kerja dan menumbuhkan jiwa wirausaha, mengembangkan kegiatan dan kesempatan berusaha berbasisi potensi lokal, serta meningkatkan ketahanan pangan dan pengembangan stok pangan lokal.

Peliput : Imran Asiaw

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga!

Pohon Tumbang Di Jalan Tewaskan Pengendara

KLIKBMR–BOLMONG–Pohon tumbang di jalan Trans Sulawesi Kotamobagu Amurang,