Pembangunan TPA Dumoga Bersatu Disurvei

Pembangunan TPA Dumoga Bersatu Disurvei

- Kanal Bolmong, Daerah, Etalase
198
0
DLH
Abdul Latif

KLIKBMR BOLMONG – Tim Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), mulai melakukan survei terhadap usulan pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang telah menjadi usulan Enam Kecamatan saat Musrembang beberapa waktu lalu.

Menurut Kepala DLH Bolmong Abdul Latif, enam Kecamatan tersebut masing-masing Dumoga, Dumoga Timur, Dumoga Barat, Dumoga Tengah, Dumoga Utara dan Dumoga Tenggara. “Enam Kecamatan ini yang meminta supaya dibangun TPA. Usulan di wilayah tersebut dimasukkan saat pemkab melaksanakan Musrenbang,” kata Latif, Selasa (15/5/18).

Keberadaan TPA di wilayah ini kata dia, memang seharusnya akan dibangun, mengingat satu-satunya TPA milik Pemkab Bolmong cukup jauh dari enam kecamatan tersebut. “Apalagi, wilayah bolmong cukup luas, sementara TPA milik pemkab baru ada di desa Inuai. Kalaupun dibuatkan tempat pembuangan sementara dikhawatirkan tak mampu menampung,” ungkapnya.

Ia menyebut, tim DLH masih akan menyesuaikan kelayakan lokasi yang nantinya telah dipersiapkan di tiap kecamatan. Serta ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk pembuatan lokasi TPA ini. “Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008, ada 9 poin penting yang harus dikaji dalam pembangunan TPA. “Dalam kajian tersebut, TPA itu tidak boleh berlokasi di dekat danau, sungai maupun laut,” tegas Latif.

“Sembilan poin penting yang harus dikaji dalam pembangunan TPA. Tidak berlokasi di zona holocene fault (sesar aktif), tidak boleh di zona bahaya geologi, kemiringan zona harus tidak lebih dari 20 persen, tidak boleh pada hutan lindung atau cagar alam, bukan daerah lokasi banjir, jauh dari pemukiman penduduk, batas lokasi harus jelas, tanah calon lokasi TPA harus hibah dari masyarakat atau tanah milik daerah serta calon lokasi yang disiapkan lebih dari 1 Ha,” jelasanya.

Pelilut : Imran Asiaw

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga!

Wabup Bolsel Buka Kegiatan Diklatsar di Badan Diklat Provinsi

186 Peserta CASN Ikut Diklatsar KLIKBMR BOLSEL–Sebanyak 186