Awal April Pemuka Agama Terima Insentif

Awal April Pemuka Agama Terima Insentif

- Kanal Bolmong, Daerah, Etalase
167
0
Rutman Korompot

KLIKBMR BOLMONG – Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong), untuk mensejahterakan para pemuka Agama di 200 Desa dan 2 Kelurahan segera terealisasi. Buktinya, Pemkab telah menyiapkan Anggaran sebesar Rp 3,6 Miliar melalui Anggarana Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2018 kepada 1.275 orang pemuka agama. Yang terdiri dari Imam, Pegawai Syar’i, pendeta, pastor/frather dan pinandita/pandita.

Kabar gembira bagi para pemuka agama ini dalam waktu dekat Pemkab melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) akan segera membayarkan insentif pemuka agama triwulan I Tahun 2018. Dikatakan Kabag Kesra, Rutman Korompot, saat ini pihaknya sementara menyiapkan semua dokumen untuk pembayaran insentif pemuka agama tahap pertama.

“Insyaallah Awal April untuk triwulan I dibayarkan. Untuk pembayaran pertama sistemnya masih tunai. Nanti akan diupayakan untuk Triwulan II atau III nanti dibayarkan secara non tunai, jadi semua pemuka agama kita bukakan rekening,” kata Rutman saat ditemui di ruang kerjanya (15/3/18).

Lanjutnya, jumlah tersebut masi rendah. Sebab kata dia, insentif para pemuka agama ini masi tahap uji coba, dan juga disesuaikan dengan kemampuan keungan daerah.

“Tiap bulan masing-masing pemuka agama mendapat Rp 200 Ribu, dan dibayarkan tiap triwulan. Jadi totalnya per triulan 600 per orang, dan semua pemuka agama nominal yang diterima sama,” ia menjelaskan.

Di sisi lain kata Rutman, setelah program ini dijalankan, ternyata masih ada beberapa petugas agama yang tidak tercover. Tapi menurut dia, itu kesalahan dari Pemerintah Desa (Pemdes) yang tidak memasukkan nama ke Pemkab. Nanti sesudah nama-nama petugas agama diterbitkan Surat Keputusan (SK) Bupati kemudian mulai muncul nama-nama baru. Padahal, program ini sudah disosialisasikan sejak pertengahan 2017 lalu pasca Bupati dan Wabup dilantik.

“Kan yang paling tahu siapa saja petugas agama di desa itu adalah Sangadi. Kita hanya menerima daftar nama petugas agama yang dimasukkan Pemerintah Desa sebelumnya,” tandasnya.

Sekadar informasi, program yang dijalankan untuk kesejahteraan pemuka agama ini merupakan janji politik pasangan Bupati Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wabup Yanny Ronny Tuuk S.th MM saat kampanye pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017 lalu.

Peliput : Imran Asiaw

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga!

Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Bupati Bolsel: Kita Harus Membangkitkan Rasa Persatuan

KLIKBMR BOLSEL—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel)