Yasti-Yanny Buka Bimtek Sangadi

Yasti-Yanny Buka Bimtek Sangadi

- Kanal Advertorial, Bolmong, Daerah, Etalase
482
0
Sebanyak 115 Sangadi, mengikuti Bimtek Manajemen Pengelolaan BUMD, dalam Rangka Pemberdayaan dan Pengembangan Usaha Ekonomi Desa

KLIKBMR BOLMONG—Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk S.Th MM membuka secara resmi Bimbingan Tekhnis (Bimtek) manejemen pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMD), dalam rangka pemberdayaan dan pengembangan usaha ekonomi desa, di Hotel Paragon Jakarta.

Selama Tiga hari, dilaksanakannya kegiatan tersebut, sejak Rabu (6/12) hingga Jumat (8/12) Desember 2017, kegiatan tersebut di gelar oleh Lembaga Keuangan dan Ilmu Pemerintahan.

Setelah membuka kegiatan Bimtek tersebut, Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow menyampaikan dalam sambutan, kepada 115 sangadi yang melaksanakan bimtek, dirinya mengigatkan tentang peraturan menteri dalam negeri (Permendagri) nomor 113 tahun 2014. Dimana pedoman pengelolaan keuangan desa, pasal 2 menegaskan asas-asasnya, diantara lain transparan, akuntabel, partisipatif, serta dilakukan tertib dan disiplin anggaran.

Bupati Yasti dalam sambutannya, mengingatkan kepada 115 Sangadi peserta Bimtek tentang Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 113 Tahun 2014, Tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Desa, pasal 2 menegaskan asas-asas dalam pengelolaan dana desa, diantaranya adalah transparan, akuntabel, partisipatif serta dilakukan dengan tertib dan disiplin anggaran. Hal ini sejalan dengan semangat otonomi desa yang menekankan terakomodirnya segala kebutuhan dan kepentingan seluruh masyarakat di tingkat desa. Asas-asas tersebut  merupakan hal yang harus diperhatikan oleh Pemerintah Desa dalam mengelola keuangan desa. Di sisi lain, Yastu kembali berpesan, soal ketatnya pengawasan pertanggungjawaban penggunaan dana desa.

“Pelaksanaan pengelolaan dana desa saat ini sangat ketat, apalagi persoalan pemeriksaan, karena polisi juga sudah mengawasi langsung,” pesan Yasti, sembari menambahkan, “Saat ini ada MoU antara Mendagri, Menteri Desa dan Kapolri. Sudah diinstruksikan kepada semua jajaran Polda, termasuk Polda Sulut dan diteruskan kepada Polres Bolmong hingga Polsek,” tambah mantan anggota DPR RI ini.

Lanjut, yasti pun mengharapkan, sebagai lembaga pemerintah yang ada di Desa, setiap aparatur Pemerintah Desa (Pemdes) harus mengerti dan memahami kedudukan, tugas dan fungsi serta hak dan kewajibannya.

“Setiap aparat Desa, mampu memaksimalkan dalam penyelenggaraan pemerintah, pembangunan dan kemasyarakatan yang ada di Desa,” Harapnya.

Selain itu, kegiatan ini juga sebagai wahana pembelajaran dan penggalian informasi.

“Diharapkan dapat memberikan manfaat bagi kelancaran pelaksanaan tugas dan pengabdian aparat desa,” ujar Mokoagow.

Diketahui, kegiatan tersebut, dihadiri juga Ketua TP-PKK Lesly Lanny Kaligis dan kepala DPMD Bolmong Albert Tangkere, serta sebelumnya pemkab menggelar Bimtek gelombang pertama yang diikuti sebanyak 67 sangadi dan 91 sekdes, pada September lalu.(Adv)

Tentang Editor

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga!

Curah Hujan Tinggi, Longsor dan Banjir Terjang Bolsel

KLIKBMR BOLSEL–Tingginya Insentitas Hujan yang melanda Kabupaten Bolaang