Pemkab Bolmong Resmi Canangkan Kampung KB

Pemkab Bolmong Resmi Canangkan Kampung KB

- Kanal Bolmong, Daerah, Etalase
574
0

KLIKBMR BOLMONG—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) resmi mencanangkan kampung Keluarga Berencana (KB) di 15 Kecamatan se-Bolmong. Kamis, (28/09) siang tadi, Pemkab telah melaksanakan pencanangan kampung KB di Desa Bilalang Utara III Kecamatan Bilalang.

Sekertari Daerah (Sekda) Tahlis Gallang Sip MM yang mewakili Bupati dalam pembukaan acara tersebut menjelaskan, percontohan Desa yang menjadi objek percontohan kampong KB tersebut ada beberapa kriterianya. Antara lain, kriteria utamnya adalah tingkat kepadatan penduduk. Desa-desa yang nantinya akan ditetapkan sebagai percontohan kampung KB ini tentunya tingkat kepadatan penduduk diatas rata-rata 1,7 persen.

“Ini yang menjadi prioritas utama yang akan kita turunkan,” ungkap Tahlis.

Lebih lanjut, panglima ASN Bolmong ini menjelaskan, tujuan pembentukan kampung KB bukan saja untuk menyukseskan program Keluarga Berencana yakni cukup memiliki dua anak maupun sosialisasi pemakaian kontrasepsi. Lebih dari itu, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Dalam program kampung KB ini disusun perencanaan pembangunan desa, untuk semua bidang.

“Seperti bidang kesehatan, pendidikan serta sosial kemasyarakatan. Kemudian, di kampung KB dilakukan optimalisasi semua perangkat, dan institusi,” jelasnya.

Kampung KB merupakan model pelaksanaan program pembangunan keluarga secara utuh, dengan melibatkan seluruh mitra, steakholder, instansi terkait serta dilaksanakan diseluruh tingkatan pemerintahan di seluruh kabupaten/kota.

“Kampung KB merupakan arah kebijakan pembangunan pemerintah 2015-2019, yakni meningkatkan kualitas hidup manusia. Bila ini nanti telah berjalan, maka akan lahir sumber daya manusia di Indonesia yang berkualitas,” bebernya.

Sasaran lain Kampung KB adalah mewujudkan keluarga kecil bahagia dan sejahtera. Semua instansi terkait harus terlibat langsung. Di hari-hari tertentu, imbau Sekda, harus turun dan berkantor di balai desa. Seperti Dinas Kesehatan memberikan informasi dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara gratis. Dinas Pendidikan, turun dan melihat kualitas pendidikan.

Dinas Perumahan datang dan melihat lingkungan sekitar kampung KB, apakah sanitasinya baik atau tidak, apakah ada selokan yang tersumbat, rumah tidak layak huni. Dinas Pencatatan Sipil dan Kependudukan, memberikan pelayanan pembuatan KTP, Kartu Kaluarga dan Akta Kelahiran secara gratis. Dan instasni teknis lainnya.

“Semua itu dicatat dan diusulkan untuk dianggarkan. Itu yang disebut dengan Kampung KB. Sehingga itu, pemerintah mengharapkan program ini betul-betul diwujudkan secara efektif. Tidak bisa dijadikan sekadar formalitas. Substansi dari pelaksanaan kampung KB itu harus terlihat,” tutupnya.

Diketahui, pencanangan Kampung KB di Kabupaten Bolmong di gelar di tiga tempat berbeda. Yang pertama di Desa Kinomaligan, Kecamatan Dumoga Tengah yang mencakup Kecamatan Dumoga timur, Dumoga Tengah, Dumoga Barat, Dumoga Utara dan Dumoga Tenggara. Kedua di Desa Tadoi Induk, Kecamatan Bolaang yang mencakup Kecamatan Poigar, Bolaang Timur, Lolak dan Sang Tombolang. Dan ketiga, di Desa Bilalang Tiga Utara, yang mencakup Kecamatan Bilalang, Passi Barat, Passi Timur, dan Lolayan.

Peliput: Imran Asiaw

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga!

Desa Tadoi 1 Gelar Musdes

KLIKBMR BOLMONG–Pemerintah Desa (Pemdes) Tadoi 1, Kecamatan Bolaang