Masyarakat Siap Kawal Bupati Bolmong

Masyarakat Siap Kawal Bupati Bolmong

- Kanal Bolmong, Daerah, Etalase
480
0

Tampak: Spanduk dukungan kepada Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Foto:FB/HamriMokoagow

KLIKBMR POLITIK—Soal penetapan status tersangka oleh Bupati Bolaang Mongondow (Bolmog) Yasti Soepredjo Mokoagow, oleh Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Utara (Sulut), Selasa (25/07) tadi. Telah mendapat reaksi dari Pemerhati Hukum Bolaang Mongondow Hamri Mokoagow.SH.MH.

Dirinya menilai penetapan tersangka kepada Bupati Bolmong tersebut harus dilihat dari aspek yuridis Konstitusi, termaksud berdampak tananan sosial.

“Intinya, jangan mengabaikan sosiologi hukum termasuk kondisi keamanan masyarakat yang pro terhadap kebijakan atau tindakan yang diambil Bupati dalam menegakan peraturan kepada korporasi atau perusahaan. Coba bayangkan bagaimana kalau perusahaan yang tidak memiliki izin sebagainya yang telah diatur dan tetap melanjutkan pembangunan, Bahkan, eskplorasi dan hanya dibiarkan oleh Pemerintah daerah, ini tentunya masyarakat yang dirugikan,” kata Hamri.

Alumni pasca sarjana Hukum Trisakti ini pun, memberikan support dan dukungan terhadap kebijakan pemerintah. Kebijakan itu adalah wajar, bahkan masyarakat siap untuk mengawal proses hukum terhadap langkah yang nantinya akan di ambil  Bupati.

“Tahapan selanjutnya masih bisa dilakukan dengan praperadilan. Jadi kalau masyarakat menunjukan kecintaan dengan memasang spanduk dukungan menurut saya, itu sah-sah saja,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Bolaang Mongondow Dra. Yasti Soepredjo Mokoagow meminta masyarakat Bolmong yang ada di 15 Kecamatan untuk tetap tenang dan terus menjaga keamanan dan ketertiban di Daerah.

“Jangan sampai hal ini menimbulkan reaksi apa pun. Saya minta masyarakat tetap tenang, ini biasa, ini resiko jabatan, tidak boleh ada reaksi apa pun,” Minta Yasti.

Masyarakat juga harus menghormati proses hukum yang sedang berjalan saat ini.

“Percayakan itu pada Pemerintah, yang pasti berulang kali saya sampaikan Pemkab Bolmong pasti bertanggungjawab. Jaga stabilitas daerah, jangan terpancing. Biarkan ini Pemerintah menghadapi proses hukum yang sedang berjalan. Penetapan status tersangka bukan berarti kiamat,” Tandasnya.

Editor: Supriyadi Dadu

Peliput: Tim

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga!

Pohon Tumbang Di Jalan Tewaskan Pengendara

KLIKBMR–BOLMONG–Pohon tumbang di jalan Trans Sulawesi Kotamobagu Amurang,