Ini Perda yang Bikin Yasti Dapat Penghargaan

Ini Perda yang Bikin Yasti Dapat Penghargaan

- Kanal Bolmong, Daerah
531
1
Bupati Bolmong Terima Penghargaan dari Menteri Kesehatan
Tampak: Bupati Bolmong Dra.Hj Yasti Soepredjo Mokoagow Menerima Penghargaan dari Kementerian Kesehatan, Rabu (12/07) Tadi. di The Alana Hotel & Convention Centre, Daerah Istimewa Yogyakarta.

KLIKBMR BOLMONG—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) mendapat penghargaan paramesti dari Kementerian Kesehatan RI , Rabu (12/7) kemarin. Penghargaan ini karena Bolmong termasuk dalam 15 Kabupaten dan Kota di Indonesia yang berupaya mengendalikan tembakau.

Bupati Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow menerima penghargaan yang diberikan langsung Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI, H Muhammad Subuh MPMM kepada bupati di Aula Convention Centre Hotel Alana, Jogjakarta.

Sementara itu, Erni Mokoginta, Kepala Bagian (Kabag) Hukum Pemkab Bolmong mengatakan, Peraturan Bupati (Perbup) soal Kawasan Tanpa Rokok (KTR) melarang merokok sembarangan di tempat-tempat tertentu.

“Seperti Sekolah, Kantor, Rumah Sakit, tempat Ibadah dan tempat umum lainnya. Di luar tempat itu, warga bebas merokok. Karena kalau melarang di semua tempat, rasanya belum mungkin,” Ujarnya, Kamis (13/7) siang tadi di ruang kerjanya.

Terpisah, Plt Kepala Dinas Kesehatan Julin Papuling mengatakan, Perbup KTR ini memang belum tersosialisasi secara umum. Namun Bupati Yasti sebelumnya telah melarang keras secara lisan.

“Kan ibu Bupati sejak awal sudah memperingatkan dengan keras di lingkup Pemkab Bolmong. Saya kira semua sudah tahu. Nanti tinggal di tempat-tempat umun lainnya, tempat pelayanan,” ungkapnya.

Lanjutnya, sanski perbup ini masih bersifat teguran dan imbauan bagi warga. Sebab kekuatan hukum perbup belum kuat untuk memberi sanski yang lebih dari itu.

“Setelah perbup ini, kita mempersiapkan untum Perda Kawasan Tanpa Rokok, ini agar punya payung hukum lebih kuat. Dan cakupan lebih luas juga. Penghargaan Paramesti ini masih tingkat III karena perbup. Nanti mudah-mudahan jika sudah ada perda, bisa naik ke tingkat II hingga penghargaan tingkat I,”tutupnya.

Editor: Supriyadi Dadu

Peliput: Imran Asiaw

Facebook Comments

1 Komentar

  1. Pingback: Baru Tujuh Bulan, Bolmong Tuai Prestasi

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga!

Pemkab Bolsel Peringati Hari Guru, Kesehatan dan HUT Korpri

KLIKBMR BOLSEL–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolsel menggelar upacara peringatan