Tingkatkan Produk IKM, Pemkot Datangkan Pelatih Pengrajin Ijuk

Tingkatkan Produk IKM, Pemkot Datangkan Pelatih Pengrajin Ijuk

- Kanal Daerah, Etalase, Kotamobagu
357
0

KLIKBMR KOTAMOBAGU—Seperti tahun lalu, Kepedulian Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu bagi pelaku industri kecil menengah (IKM), memang patut diacungi jempol. Melalui Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian, terus melakukan terobasan dengan mengadakan ragam pelatihan.

Pekan depan, Pemkot mendatangkan intruktur dari Kota Palu Sulawesi Tengah (Sulteg),  untuk memberikan pelatihan bagi pengrajin sapu ijuk. Menurut Kepala Bidang (Kabid) Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian, Fadlun Paputungan, Pelatihan ini diadakan, untuk meningkatkan skill (keahlian), dari para pelaku IKM.

“Ini Meningkatkan kualitas keterampilan kerja para pengusaha kecil menengah, maka dengan mematangkan kemampuan pelaku usaha. Salah satu solusinya ialah mendatangkan pelatih profesioanal dari Kota Palu,” Ungkapnya. Rabu (31/05) siang tadi.

“Dengan adanya pelatihan ini, pengrajin bukan hanya dapat mengembangkan keterampilan membuat ijuk tapi ijuk sudah bisa disertifikasikan supaya kualitas ijuk bisa lebih meningkat sehingga pasarannya bisa meluas,” Katanya.

Tidak hanya itu, hasil keterampilan ijuk di Kotamobagu ini sangat dimininati kalangalan luar.

“Pasarannya sudah tersebar luas di Bolaang Mongondow Raya (BMR) ini, bahkan niaga ijuk sudah di ekspor ke Amurang,”  Terangnya.

Tambahnya, centra ijuk yang kami produksi yakni sumbernya dari Desa Sia, sejak tahun 80 hingga sekarang, dan pelatihnya berasal dari Kota Palu, dengan alasan, Kota Palu sudah menjadi sentral sapu ijuk.

“Mengambil pelatih dari sana, karena Kota Palu, sudah memiliki sentra sapu ijuk, selain itu produk sapu ijuk disana sudah terkenal, dan ini akan menjadi cermin dari Kotamobagu dalam hal pembuatan kerajinan tersebut,” Imbuhnya, seraya berkata, bukan hanya Desa Sia sumber ijuk yang bisa di produksi, di Desa Moyag juga potensi karena terdapat pohon aren yang menghasilkan ijuk tapi Desa tersebut lebih condong mengelola gula merah.

Editor: Supriyadi Dadu

Peliput: Febri Limbanon

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga!

81 Desa Di Bolsel Pastikan Akses Jalan Sudah Aspal Hotmix

KLIKBMR BOLSEL–Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan