Hari Ini Fenomena Equinox Terjadi

Hari Ini Fenomena Equinox Terjadi

- Kanal Daerah, Etalase, Kotamobagu
596
0

BPBD Kotamobagu: Masyarakat Tak Perlu Cemas

Ilustrasi Fenomena Equinox

KLIKBMR KOTAMOBAGU — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jakarta pusat merilis, salah satu fenomena astronomi atau equinox akan terjadi hari ini Selasa (21-3).

Keterangan tersebut menjelaskan, fenomena ini merupakan peristiwa dimana matahari melintas di garis khatulistiwa secara periodik (berkala). Hal ini mengakibatkan suhu panas bumi meningkat secara keseluruhan.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kotamobagu Gulimat Azis Mokoginta, melalui Kepala Bidang  Penjagaan dan Kesiapsiagaan Budi Prayitno, fenomena ini tak perlu dikhawatirkan.

“Dengan terjadinya fenomena ini maka akan ada ketambahan suhu dari yang biasanya 31 sampai 32 derajat, akan ada ketambahan, kira-kira 4 derajat. Masyarakat tak perlu merasa cemas, karena equinox sendiri merupakan fenomena alamiah,” katanya.

Ia pun mengimbau, kiranya masyarakat tidak tertipu dengan berita bohong, terkait fenomena equinox. “Saya rasa ini wajib untuk diketahui khalayak ramai, karena banyak beredar berita hoax yang terlalu melebihkan dampak dari fenomena ini. Salah satunya menyebutkan dengan terjadinya equinox, lilin dapat meleleh jika di panaskan di luar ruangan. Masyarakat harus pintar-pintar menanggapi pemberitaan seperti itu,” jelasnya. (vil)

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga!

Wakil Bupati Bersama Anggota Komisi V DPR-RI Hi. Herson Mayulu SIP Resmikan Kota Tanpa Kumuh Desa Ilomata

KLIKBMR BOLSEL– Wakil Bupati Bolsel Deddy Abdul Hamid