Eh.. Ternyata, Banyak Masyarakat Kotamobagu yang Belum Peduli Kebersihan

Eh.. Ternyata, Banyak Masyarakat Kotamobagu yang Belum Peduli Kebersihan

- Kanal Daerah, Etalase, Kotamobagu
293
0

Pemerintah Kota Langsung Buat Gerakan Tangkoko Lolingkop

Suasana rapat koordinasi Kota Sehat Adipura 2016-2017, di aula Pemerintah Kota, Senin (24/10).
Suasana rapat koordinasi Kota Sehat Adipura 2016-2017, di aula Pemerintah Kota, Senin (24/10).

KLIKBMR KOTAMOBAGU — Pelaksana Tugas (Plt) Badan Lingkungan Hidup (BLH) Pemerintah Kota Kotamobagu, Drs Nasrun Gilalom, dalam rapat koordinasi (Rakor), Kota Sehat Adipura 2016-2017, yang diadakan di aula Pemerintah Kota, Senin (24/10), mengatakan, masyarakat Kotamobagu saat ini masih lalai dalam menjaga kebersihan.

“Tantangan Adipura saat ini, adalah warga masyarakat yang belum sadar tentang cara membuang sampah. Masih banyak warga masyarakat yang membuang sampah disembarang tempat. Padahal fasilitas sudah disiapkan,” ujar Gilalom.

Ia pun menginstruksikan, dengan hadirnya para Sangadi dan Lurah dalam rakor tersebut, kiranya semuanya dapat bekerjasama, serta semaksimal mungkin mengkoordinir bawahan masing-masing memperhatikan kebersihan Kota. “Karena dirapat ini juga turut dihadiri oleh para Sangadi dan Lurah, jadi disini kita berkoordinasi dengan kalian (Sangadi dan Lurah;red) untuk memaksimalkan para aparat di tiap Desa dan Kelurahan, untuk menjaga kebersihan.”

Tak hanya itu, Gilalom pun menyentil para jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Kota, yang sempat hadir, agar menjaga titik pantau penilaian adipura. “Untuk para SKPD, sekarang ini sudah bukan lagi sistem perintah, karena sudah tahu tugas masing-masing. Jadi daerah yang menjadi titik-titik pantau penilaian Adipura harus dijaga kebersihan dan keindahannya. Untuk wilayah Pertokoan perlu adanya juga penambahan tanaman bunga,” jelas dia.

Rapat ini pun, dirangkaikan dengan dicetuskannya Gerakan Tangkoko Lolingkop (Gerakan Ketuk Pintu), atau ajakan langsung kepada masyarakat, untuk menjaga kebersihan. “Masyarakat masih banyak yang belum menyadari pentingnya kebersihan lingkungan, jadi ada baiknya turun bersama dengan Sangadi dan Lurah, beserta dengan aparatnya untuk mensosialisasikan program ini,” ujar Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMD PP dan KB) Pemerintah Kota Kotamobagu, Sitti Rafiqah Bora, SE.

Reporter: Cadavi Lasena

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga!

Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Bupati Bolsel: Kita Harus Membangkitkan Rasa Persatuan

KLIKBMR BOLSEL—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel)