Hasil OPD, Dinas PU Mekar Jadi Dua SKPD

Hasil OPD, Dinas PU Mekar Jadi Dua SKPD

- Kanal Daerah, Kotamobagu
619
0
Muljadi Suratenejo
Muljadi Suratenejo

KLIKBMR KOTAMOBAGU — Hasil pembahasan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang telah disepakati oleh pemerintah provinsi (Pemprov), dan pemerintah kota (Pemkot), pada beberapa waktu lalu, menetapakan penggabungan dan pemekaran dari satuan kerja perangkat daerah (SKPD), yang ada.

Seperti Dinas Pekerjaan Umum (PU) yang mekar menjadi dua SKPD, yakni Dinas PU dan Tata Ruang, serta Dinas Perumahan Rakyat (Pera) dan Kawasan Permukiman.

“Kedepannya urusan soal perumahan rakyat akan berdiri sendiri. Karena menjadi SKPD sendiri, dengan pejabatnya harus berpangkat dan golongan eselon dua. Nah, di Dinas Perumahan Rakyat ini nantinya berdiri sendiri, dan ada struktur berupa ada sekretarisnya dan dua kepala bidangnya,” jelas Kepala Dinas PU Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu Ir Sande Dodo MT, melalui Sekretaris Dinas PU, Hi Muljadi Suratenojo ST MT.

Lanjutnya, di Dinas PU, urusan tata ruang yang pertama berada di Dinas Tata Kota (Distakot) akan bergabung. Selain itu, ada dua bidang lainnya yakni Bina Marga dan Pengairan.

“Mengenai tata ruang, bina marga dan pengairan, jadi fokus dari Dinas PU setelah OPD baru disahkan. Sementara di Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, itu hanya dua Bidang masing-masing cipta karya dan air minum.”

Lebih dalam Muljadi mengatakan, dengan dimekarkannya Dinas PU menjadi dua SKPD baru, maka pusat perhatian pemerintah terhadap pengembangan infrastruktur akan bertambah.

“Jadi, yang sebelumnya hanya setingkat bidang, kini menjadi dinas. Oleh karena itu, ini juga akan berdampak pada penganggaran dan fokus kegiatan serta program infrastruktur,” tandasnya. (vil)

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga!

Komisi V DPR RI Bahas 5 RUU dan Percepatan Ibu Kota Baru

KLIKBMR POLITIK–Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR